MANFAAT MENULIS BLOG

Standar

Tulisan sederhana ini saya tujukan untuk pembaca blog “sastra bocah”khususnya bagi anak-anak usia Sekolah Dasar di mana pun berada. Karena saya yakin, di antara sekian ratus bahkan ribu pembaca (anak-anak) yang sempat mengikuti blog ini akan bertanya-tanya, apa sih manfaat menulis di blog?
Sebagai jawabnya, banyak manfaat menulis di blog. Salah satu di antaranya adalah, bisa melatih kita menulis untuk media cetak, baik koran, majalah, maupun buku.
Seperti yang saya alami belum lama ini. “SEUNTAI KALUNG EMAS” merupakan buku cerita anak karya saya yang sebelumnya berupa tulisan cerita lepas yang saya tulis lewat blog sastra bocah ini.
Dari sekian cerita yang sempat saya tulis tadi rupanya ada salah satu penerbit dari Semarang yang tertarik dan bersedia menerbitkan sekumpulan cerita saya tersebut menjadi sebuah buku bacaan. Maka, merasalah saya bahwa salah satu manfaat menulis di blog ternyata bisa menghasilkan buku cerita anak sebagaimana yang saya idam-idamkan selama ini.
Nah, apakah adik-adik tidak tertarik untuk mencoba berlatih mengarang lewat blog yang kalian bikin sendiri di rumah?
Siapa tahu kalian bisa segera menyusul saya menerbitkan buku lewat tulisan sederhana?
Tahukah adik-adik, dengan menulis buku kita akan mendapat kebanggaan tersendiri yang terasakan di hati? Lebih bangga lagi jika kita mendapat royalti (honor) dari menulis buku.
Nah, mari kita berpacu untuk mencapai prestasi gemilang, baik di bidang akademik maupun nonakademik, terutama tentang mengarang pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang adik-adik hadapi di bangku sekolah!
Selamat berkreatifitas dan berkarya!

Iklan

About sastrabocah

Sardono Syarief Lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Pendidikan: SD, SMP, SPG ditempuh di kota kelahiran, Pekalongan. Melanjutkan ke D-II dan S1 PGSD di UPBJJ Semarang dan Purwokerto, Jateng. Hobi menulis sejak di bangku kelas 6 SD lewat majalah dinding. Berlanjut di SMP hingga SPG Negeri Pekalongan (SMA 3) pada majalah dinding dan majalah sekolah "ASASSI" sebagai kontributor tulisan+anggota Redaksi bagian fiksi dan berita sekolah (1980-1982). Tahun 1983 mulai serius menulis puisi dan cerpen anak di media massa lokal maupun nasional hingga sekarang. Lebih dari 10 buku cerita anak-anak yang telah diterbitkan antara lain; Masih Ada Hari Esok, Anak-anak Kreatif, Roda-roda di Atas Jalan, Kerlip Lentera di Sudut Desa, Taman Mungil di Depan Istana, dll. Pernah juara dalam mengikuti sayembara mengarang naskah buku bacaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta tahun 2003 dan 2004 sebagai juara II dan III. Mulai Juni 2009 ikut bergabung sebagai anggota Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena) Jawa Tengah yang berpusat di Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s